Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.  

SEJARAH DESA MOJOKARANG

Administrator | 26 Agustus 2016 15:38:09 | 61 Kali

Desa Mojokarang adalah salah satu Desa yang terletak di kecamatan Dlanggu . Wilayah yang penduduknya sebagaian besar mata pencahariannya adalah pateni. Masyarakatnya hidup dengan tentram dan damai ,hal ini berkembang sudah turun- temurun mulai jaman penjajahan Belanda.

Desa Mojokarang yang terdiri dari 5 ( Lima ) Dusun yaitu :

  • Dusun Mojo
  • Dusun Mojogeneng
  • Dusun Jatisari
  • Dusun Sembung
  • Dusun Penilih

                     Yang zaman penjajahan hidup secara berkelompok misalnya : Sembung dan penilih ,Dusun Sembung tempo dulu adalah kesatuan desa yang ada kepala Desa, Kepolo,dan bayan, begitu pula Dusun – dusun yang lainnya. Dan sekitar tahun 1943 berubah dai dusun – dusun tersebut menjadi satu kesatuan yang dirasa memiliki nasib sepenanggungan dan waktu itu sudah ada Kepala Desa yang tunggal yaitu Almarhum Abdul Rochim . selanjutnya sepeninggal abdul rochim sekitar tahun 1966 barulah di Desa Mojokarangmelaksanakan proses demokrasi yang melibatkan unsur – unsur masyarakat.

Kemudian setelah Pemerintahan mengeluarkan peraturan yang mengatur masalah Desa , maka tersusunlah pemerintah Desa Mojokarang yang sesuai dengan peraturan dan perundangan yang ada . bahkan perubahan Undang – undang . pemerintah yang di sempurnakan , Desa Mojokarang sudah menjalani pergantian pimpinan selama empat kali sampai saat sekarang .

  1. Masa kepemimpinan Lurah Abdul Rochim ( 1930-1955)

      Masa Kepemimpinan Lurah Abdul Rochim adalah masa pemerintahan Penjajahan Belanda.Tidak banyak cerita pada masa ini karena kehidupan masyarakat dibawah pemerintahan penjajah belanda. Disamping karena sedikitnya cerita ataupun nara sumber yang ada.

 

  1. Masa Kepemimpinan Lurah H Abdul Patah (1955-1990)

Era kepemimpinan Lurah H. Abdul Patah bersamaan masa pemerintahan penjajah Jepang hingga menjelang  Revolusi. Pada saat Kepemipinan  Nitihardjo banyak terjadi eksodus penduduk ke daerah lain seperti Batu,Pujon malang hingga Biltar. Eksodus ini untuk menghindari pertempuran terutama pada masa perang kemerdekaan serta Agresi Belanda ke II.

 

  1. Masa Pemerintahan Kepala Desa SANAN (1991 - 1998)

Pada masa ini pembangunan infrastruktur mulai berjalan seiring keberhasilan orde baru yang mencapai zaman keemasan. Hingga masa Reformasi,  Pada Masa ini pembangunan prasarana jalan mulai dilakukan pemadatan dari tanah hingga makadam . Pembangunan sarana prasarana dasar terutama di sektor pertanian mendapat Prioritas, disamping penguatan kelembagaan, management keuangan desa, maupun disektor pendidikan dan keagamaan mengalami kemajuan pesat.

 

 

 

 

 

 

 

  1. Masa Kepemimpinan Kepala Desa Agus Sutikno ( 1999-2007 )

Pada masa ini pembangunan infrastruktur mulai berjalan seiring keberhasilan orde baru yang mencapai zaman keemasan. Hingga masa Reformasi, Jps yang digalakkan pemerintah merambah sudut sudut Desa Mojokarang hingga kini. Pada Masa ini pembangunan prasarana jalan mulai dilakukan pemadatan dari makadam hingga lapisan Penetrasi. Di akhir masa Kepemimpinannya, lembaga lembaga keuangan Desa mulai mendapat perhatian dari pemerintah daerah kabupaten Mojokerto maupun propinsi Jawa Timur semisal melalui program  Gerdu Taskin maupun PAM-DKB

  1. Masa kepemimpinan Kepala Desa PURWANTO ( 2008-2014) - ( 2014 - 2020 ) - (2020-2025)

Ketika Sejarah desa ini disusun, Kepemimpinan Kepala Desa Purwanto baru berjalan satu tahun, perubahan yang dilakukan oleh Kepala Desa Purwanto terutama di bidang management dan andminstarsi pemerintahan Desa, pola dan setrategi hingga model politik pembangunan. Pembangunan sarana prasarana dasar terutama di sektor pertanian mendapat Prioritas, disamping penguatan kelembagaan, management keuangan desa, maupun disektor pendidikan dan keagamaan mengalami kemajuan pesat. Hal ini telihat dengan berdirinya. bangunan Gedung TK ,  dan Masjid, juga penetrasi jalan jalan protocol maupun jalan lingkungan yang terealisasi selasai pada Tahun 2014.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Abdul Rochim No 1 Desa Mojokarang
Desa : Mojokarang
Kecamatan : Dlanggu
Kabupaten : Mojokerto
Kodepos : 61371
Telepon :
Email : desamojokarang@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung